Quote from Charles Darwin

Hari ini aku membaca sedikit (dan memang selalu sedikit) bagian dari sebuah buku. Memang pada dasarnya, aku tidak bisa membaca buku (apa lagi yang genre-nya self-improvement) sekaligus banyak (berlembar-lembar). Karena begitu dapet sesuatu harus bener-bener di-‘resap’-in dulu. Kalo sekali baca langsung banyak, aku bisa bingung saking kebanyakan inspirasi. Hahaha… Gak heran 1 buku aja gak habis dibaca berbulan-bulan bahkan bisa sampai bertahun-tahun. Belom lagi kalo pake males dan bosen, makin lama lah tuh buku habisnya.

Baiklah, kembali ke topik utama. Dari bacaan yang sekitar 3 lembar itu pun aku dapet banyak sekali masukan yang berharga. Aku paling suka bagian yang satu ini. Sesuatu yang selama ini tidak aku sadari dan ternyata benar. Dan aku juga suka cara si penulis menjelaskan quote ini.

Jadi, aku baca sebuah quote dari Charles Darwin yang bunyinya seperti ini.

“Bukan mereka yang memiliki tingkat intelegensi tinggi yang mampu bertahan, melainkan orang yang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.”

Ternyata, untuk bisa bertahan aja, kita harus bisa melakukan perubahan. Untuk bisa bertahan hidup atau stay di tempat aja (tidak ikut-ikutan yang buruk) kita butuh melakukan banyak perubahan dalam diri kita. Apalagi jika kita punya plan untuk maju? Mau punya karakter yang bagus. Mau segala impian kita bisa tercapai. Mau mencapai target dan tujuan. 

Semua itu tentunya butuh perubahan yang lebih besar lagi. Kita harus benar-benar berjuang keras untuk mencapai perubahan. Intinya, kita tidak bisa diam-diam saja dan berharap segala sesuatu akan berubah. Justru harus kitalah yang melakukan banyak perubahan ke arah yang lebih baik.

Setelah baca quote ini, aku langsung berpikir, “Gile… Cuma buat survive aja, kita harus melakukan perubahan. Apalagi kalo kita GAK MAU hidup cuma sekedar survive (sampai waktunya dipanggil nanti) tanpa menghasilkan apa-apa, lebih buannnnyyyaaaakkkk lagi perubahan positif yang harus dibuat.”

Itu aja sih ilham yang saya dapat dari quote singkat tersebut, hehehe… I hope it can be useful.

Have a nice day =)

Comments

  1. hai len! nice post! Bener banget tuh.
    Kalo gak salah, kaya katanya Soe Hok Gie deh:
    "Cuma PENGECUT yang takut PERUBAHAN!"

    Happy learning! Happy Changing! Into positive way! :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts