Saat Teduh, 24 Oct 2017

Halo! Saya mencoba untuk share saat teduh saya. Hal ini bukan untuk sok-sok-an, tetapi sharing is caring dan saye sendiri pun merasa ketika saya menulis dan share, saya bisa belajar, meng-explore, dan bahkan mengingat lebih banyak.

 Yohanes 5: 1-18

Dari ayat tersebut saya belajar 3 hal:
6. Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engkau sembuh?"
7. Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku."
8. Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah."

Dari ayat ini saya belajar untuk: JANGAN BANYAK ALASAN

Sebenarnya pertanyaan Yesus simple aja kok, “Kamu mau sembuh gak?” Jawabannya kan tinggal iya. Susah amattt. Tapi kadang pikiran kita yang konvensional dan ribet membuat kita tidak menjawab dengan tepat. Bahkan di ayat ini, saya tidak lihat jawaban iya. Padahal di perikop ini, ditulis bahwa ia sudah 38 tahun lumpuh. Sebagai orang yang lumpuh, ketika ada yg tanya, km mau sembuh gak. Jawaban pertama yang menurut saya paling masuk akal adalah, “Mau, Mau bangetttttt.” Tapi karena dia tahu, kesembuhan yang dia tahu adalah ketika air kolam berguncang, harusa ada yang masukin dia ke air itu, barulah bisa sembuh. Orang itu seperti terpaku bahwa hanya ada 1 cara untuk sembuh. Dia tidak tahu dengan siapa ia berbicara, yg bahkan gak perlu tunggu guncangan airpun, Yesus bisa sembuhkan.

Saya sendiri belajar bahwa kadang saya pun seperti orang lumpuh itu. Saya pengen sesuatu tetapi yang saya pikirkan hanyalah susahnya, tidak mungkin, tidak ada jalan. Ada banyak alasan yang membuat saya diam di tempat. Saya lupa bahwa saya punya Allah yang luar biasa, yang mampu membawa saya kepada kemenangan. Tinggal bilang, “Yes Tuhan, saya mau sembuh!” atau, “Yes Tuhan, saya mau lakukan dan capai hal itu,” maka hal itu akan terjadi.

14. Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk."

Hal kedua yang saya belajar adalah: JANGAN BERBUAT DOSA LAGI

Saya percaya bahwa lewat baptisan, saya sudah diselamatkan. Saya sudah sembuh. Tuhan ingatkan saya lagi, untuk jangan berbuat dosa lagi, supaya jangan terjadi hal yang lebih buruk. Buat saya, hal ini betul-betul menegur saya, karena kadang, meskipun sudah di dalam keselamatan, saya masih suka bermain-main dengan dosa.

Setiap orang tentu maunya tidak berbuat dosa lagi, tapi gimana caranya untuk bisa tahan terhadap godaan dosa? Buat saya, sebenernya caranya simple bgt. Saat teduh, doa, tulis, dan share saat teduh saya setiap pagi. Saya tahu banget, ketika saya tidak saat teduh, 2 hari ajaaa, saya pasti mulai jatuh ke dalam berbagai macam dosa. Saya bisa uring-uringan, tidak sabar, balik lagi ke dosa lama saya, bisa males banget, tidak berguna, banyak mengeluh, dll. Tetapi Firman Tuhan membuat saya kuat, berani, dan optimis.

17. Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."

Hal ketiga yang saya belajar adalah: TERUS BEKERJA


Saya percaya meskipun saat ini Tuhan Yesus udah tidak di bumi lagi, tetapi di sorga, Ia tetap bekerja. Ia mendengar dan menjawab setiap saya. Ini baru 1 orang, ada berapa banyak orang yang berdoa di dunia ini? Tuhan bekerja sehingga matahari masih bersinar dan bahwa segala sesuatu masih dalam keseimbangan karena masih ada sesuatu yang mengatur dan mengontrol, yaitu Tuhan. Saya bisa dalam keadaan males bekerja, entah itu pekerjaan saya beneran, juga kerjaan saya untuk Kerajaan Tuhan. Saya suka bilang, Tuhan saya cape, padahal apa yang saya lakukan juga belum maksimal. Saya belajar untuk terus bekerja, sama seperti Tuhan yang terus bekerja. Bayangin kalo Tuhan cape kerja/uring-uringan/mood-mood-an  atau sekali aja, dia males kasih napas lagi kepada manusia? Enggak kebayang deh dunia ini jadi apa. Tetep semangat dalam setiap pekerjaan yang Tuhan berikan kepada kita. 

Have a nice day everyone! :)

Comments

Popular Posts