3 Things that Makes You Grateful Today

I am reading a book named Calm. The book challenges me to write down what makes me feel grateful. 
Here are the 3 things: 

1. Dalam 3 janji yang saya buat, hari ini saya datang on time. Saya selamat dari hujan yg akan datang dan dari macet yg mengerikan, serta selamat dari perasaan panik karena telat.

2. Sy mempraktekkan untuk berdoa dan betul-betul berserah dalam apa yang saya kerjakan. Belajar untuk tidak menjadi org sombong yang saya merasa saya bisa lakukan semua sendiri. Saya sadar bahwa selama ini saya sombong dan merasa bisa lakukan semua hal sendiri. Padahal sukses dan apa yg kita dapatkan adalah pemberian Tuhan.

3. Teman saya bilang bahwa saya adalah orang yg ketika selesai magang di Jerman adalah seseorang dgn bhs Jerman terbaik. Sy bisa presentasi dgn bahasa Jerman yg super lancar. Hanya 3 orang yang dia ingat tentang presentasi waktu itu, 2 karena presentasi tersebut menurutnya buruk dan 1 presentasi dari saya yang menurutnya sangat baik. Dia bilang bahwa setelah internship itu, sayalah yang memiliki bahasa Jerman yg terbaik, yang betul-betul improved. Dia mengingatkan saya, waktu itu di kelas level bahasa Jerman saya baru sampai A2 sedangkan ada teman lain yg sudah sampai B2 krn dibantu les di tempat lain. Tapi menurutnya, pada akhirnya bahasa Jerman saya yang paling improved. Saya senang sekaligus terharu mendengarnya. Saya tidak pernah berpikir tentang diri saya seperti ini dan bahwa saya pernah menjadi inspirasi bagi orang lain yang bahkan diingat sampai hari ini. Presentasi itu sekitar tahun 2011. Dari situ saya belajar bahwa saya bisa jika saya mau terus berlatih, bahkan ketika kita pun sebenarnya sudah ketinggalan jauh dari orang lain. Ketika kita tekun, maka kita pasti bisa. Hal lain yg saya pelajari adalah menyadari bahwa Tuhan sudah memberikan kepada saya begitu banyak talenta. Ada banyak power inside me. Apakah saya mau terus mengembangkan setiap hal yang saya punya? 

I thank God krn hikmat yg Tuhan sdh berikan buat saya utk saya bs berdoa dan minta sungguh-sungguh kepada Tuhan. Thank God krn Tuhan kasih hikmat untuk saya bisa mengatur jadwal saya sehingga hari ini berjalan dengan baik. Dan saya bersyukur bahwa Tuhan menghibur saya lewat kata2 teman saya itu. Saya kembali diingatkan bahwa saya ini bukan manusia tidak berguna yang tidak bisa apa-apa. Kadang saya bisa hilang semangat dan merasa bahwa saya tidak keren dan hebat seperti teman-teman saya yang lain. Tapi hari ini saya bangkit lagi dan yakin bahwa saya pasti bisa asal saya terus bertekun. 

Menulis hal-hal yang kita syukuri di akhir hari adalah satu kegiatan yg positif dan bs membuat kita lebih menghargai setiap hari yang Tuhan berikan.  

"Every day may not be good, but there's something good in every day."




Good night :) 


Comments

Popular Posts