Mimpi yang aneh..

Beberapa hari yang lalu, aku dapet mimpi yang aneh bener. Ceritanya tuh aku lagi di kelas ya, diajar gak tau sama guru siapa dan entah ngajar apaan. Trus tiba-tiba, ada si Mas Ansel nongol (penjaga kosan-ku yang dulu waktu aku masi ngekos di BSD). Dia tiba-tiba kayak ngomong gini, "Si Bapak ini ngekos lho." Terus, aku balik nanya, “Oh iya Pak? Bapak ngekos?” Dia menggangguk..  Terus, si Mas Ansel bilang lagi, “Tapi si bapak mah barangnya enggak banyak.  Dosenku itu mengiyakan, “Iya, cuma baju beberapa, buku, sama apa gitu (gw gak inget).” Eh, si Mas Ansel nyeletuk lagi, “Sama kantong-kantong berbentuk hati (love) warna biru itu kan?”

Terus aku bingung. Bengong. Aku langsung tanya, “Kantong apaan Pak?” Terus dia jawab, “Ooh, itu kantong-kantong buat nyimpen sama bersihin liver saya.” Tiba-tiba, kantong-kantong itu langsung nongol saat itu juga… Ajaib ya, hehehe...  Terus, si bapak ini bilang, “Iya, ini tuh kantong-kantong ini buat bersihin liver saya. Kan liver saya udah rusak. Jadinya dimasukin deh ke kantong ini. Di dalam kantong ini ada cairannya dan cairan ini gunanya buat bersihin hati saya yang karatan.” Kantong-kantong itu jumlahnya lumayan banyak, ya lebih dari 5-lah. Dan di dalamnya ada hati-hati (liver) yang bentuknya kayak potongan-potongan gitu yang direndam dalam cairan biru ga tau apaan. Pas bangun, aku baru mikir, kok ini liver bisa kepotong-potong jadi beberapa bagian ya?  Terus, emang liver bisa dipindahin ke kantong, tapi orangnya masih idup? Yah, namanya juga mimpi…

Terus, si Bapak mengambil isi dari salah satu kantong tersebut, "Nah, ini nih liver saya." Si bapak menunjukkan livernya yang emang bener udah karatan. Dengan teganya, dia meletakkan liver karatannya itu ke tanganku. Aku cuma mandangin aja, bolak balik-in itu liver.. Dan bener, emang karatan gitu. Aku cuma terbengong-bengong ngelihat potongan liver dia. Habis itu, dia melanjutkan lagi dengan hal yang lebih spektakuler lagi.. Dia memperlihatkan bagian kiri perutnya yang bolong (harusnya sebelah kanan tuh!).  Ternyata itu tempat keluar masuknya liver dia yang dicuci itu. OMG! Serem bener perut bisa bolong gitu…Hiyyyy....

Terus, si bapak, nawarin lagi… Nih, mau coba masukin livernya? (maksudnya ke lubang di perutnya itu dan bukan di kantong-kantong berbentuk love cute warna gitu itu) Langsung aja aku bilang, “Gak mau Pak, serem ah.” Terus, langsung deh aku balikin tuh liver-nya yang karatan itu.

Nah, setelah itu aku lanjut mimpi lagi. Topiknya udah lain lagi tuh, yang pasti bukan soal liver-liver-an lagi. Entah apaan, aku jg udah gak inget sih.. Terus pas abis bangun tidur aku baru sadar, ini mimpi kok aneh banget yaa??

Keanehan 1: Emang liver bisa karatan?
Keanehan 2: Emang kalo pun karatan bisa ok lagi dimasukin ke cairan biru itu?
Keanehan 3: Emang liver bisa ya dikeluarin dari tubuh manusia tapi orangnya masi hidup? Udah livernya diambil, perutnya bolong, tapi masi idup juga? Aneh binti ajaib..

Yuppp, memang mimpiku ini super duper aneh. Gak masuk akal sama sekali. Tapi, dibalik semua keanehan dan ketidakmasukakalan mimpi ini, inti dari cerita ini sangat masuk akal. Sebuah peringatan tajam bagaimana seharusnya manusia menjaga kesehatannya. Yes, we have to take care of our health before it is too late.

Pas bangun tidur, aku merenungi isi mimpi ini. Aku pernah baca di facebook, salah satu penyebab kanker hati adalah kebiasaam begadang. Entah gimana hubungannya antara begadang sama kanker hati, aku kurang gitu ngerti. Katanya sih kalo malem tuh liver kita melakukan detoksifikasi, jadi kalo kita bedagang, proses itu terhambat dan intinya gak bagus buat kesehatan kita. Mungkin itu kali penyebab kanker hati, tapi entahlah aku juga kurang ngerti hubungan tidur malem, detoksifikasi, sama kanker. Tapi tulisan di FB tersebut dengan jelas meletakkan kata “begadang” di urutan nomer 1 sebagai penyebab utama kanker hati ini.

Terus aku mulai mikir. Hmmm… sebuah peringatan tajam buat gw biar gak begadang terus. Jujur, sejak masuk kuliah, ujian, ngerjain report, begadang bukan sebuah kegiatan yang baru. Apalagi pas ngerjain skripsi, begadang somehow become a habit. Aku bisa tidur jem 2, jem 3, jem 4, bahkan sama sekali ga tidur. And I know this is not good for our health! Tapi ya mau gimana lagi, I have to finish my thesis! Jadi, maaf ya hati (liver) ku. I don’t mean to hurt you. I know you have to rest, but I also have to graduate... =(

Jadi, sekarang, aku berusaha semaksimal mungkin buat gak begadang. Kalo masi bisa dikerjain dan diselesaiin siang-siang dan gak usah sampe late at night, ya aku berusaha buat selesaiin. Aku masi sayang sama liver-ku. Intinya, kalo emang gak urgent-urgent amat, gak usahlah sampe begadang.. Kasihan sama si liver-nya.. Serius deh.. 

Hati karatan? Kayaknya sih gak mungkin. Tapi.. Kanker hati is very (very) possible to happen. So, friends, if you still love your liver, stop begadang now! 

Ya, emang sih susah, apalagi kalo begadang itu sendiri udah jadi habit. Tapi, yuk kita sama-sama kurangin intensitas begadang kita.. =)

If you take care of your body, your body will also take care of you
-Helen-


Comments

Popular Posts