Lesson from Anak Itik yang Buruk Rupa


Masih ingat cerita anak itik yang buruk rupa? Masih ingat apa yang dia rasakan ketika dia menyadari betapa ia begitu berbeda dari yang lainnya? Ketika ia merasa begitu jelek, begitu bodoh, dan begitu tidak dihargai karena perbedaannya itu? Masih ingat juga kan dengan akhir ceritanya? Ketika akhirnya dia mengepakkan sayapnya dan terbang tinggi melintasi langit? So? Dibalik ssebuh kisah ini kita akan melihat sebuah fakta yang mungkin tidak jauh dari kehidupan kita.. Let’s see!

Terkadang kita merasa seperti anak itik yang buruk rupa itu.. Ketika kita merasa begitu berbeda dan merasa berada di dunia yang ‘salah’.. Terkadang, kita mungkin harus mengakui kalau kita berada di dunia yang ‘salah’.. Dan ketika kita berada di dunia yang ‘benar’ itu, kita akan memiliki akhir cerita yang happy ending.. Terbang membumbung tinggi ke awan..

Pernah merasa diri paling bodoh ketika rasanya belajar (ambil contoh yang paling umum) matematika. Dan rasanya kok udah dingertiin sebagaimanapun juga tetep aja gak ngerti-ngerti.. Dan kemudian kita pun bertanya kepada diri kita sendiri, “What’s wrong with me?” Kenapa sih yang lain kok pada jago-jago matematik-nya? Diajarin sekali langsung ngerti... Soalnya diubah-ubah sampe ujiang dunia mana tetap masi bisa dikerjain. Sedangkan aku, digantii dikiiiiiiiiiiiiiiiit aja soalnya, udah tetot.. Kayaknya pelajaran mat yang seharusnya bukan pelajaran menghafal, jadi pelajaran menghafal yang sangat abstrak. So, let’s go back to the question.. “What’s wrong with me?”

Jawabannya mungkin tidak ada yang salah dengan dirimu.. If you’ve tried your best and STILL you don’t get it.. Mungkin penyebabnya adalah, kamu berada di dunia yang ‘salah’. Matematika bukan duniamu.. Matematika bukan bagian dari passion-mu.. Tapi lihat, di luar sana.. Ada begitu banyak bidang lain yang bisa untuk kau selami.. Mungkin we’ll find out we’re not good at math, but no one can guarantee that you’re not good at all subjects. Ingat, Tuhan kan memberikan manusia talenta yang berbeda-beda...

Lalu, aku bagusnya di bidang apa donk? Search it with all of your heart.. Listen the voices of your heart.. Ask God about it and let Him guide you to that way.. Believe it.. That’s how you find your ‘true’ world..  Teruslah mencari! Gimana cara mencarinya? Lakukanlah hal-hal baru! Carilah hal-hal yang yang kamu cintai.. Yang ketika kamu lakukan, years will be like days and days feels like seconds. Yang membuat seakan-akan tidak pernah bekerja. Yang membuatmu bekerja dan tak merasa lelah.. Yang membuatmu tersenyum puas ketika kamu berhasil menyelesaikannya meskipun dengan bersimbah keringat..

Terus.. How to fly high? Mengetahui apa passion-mu tidak cukup untuk mambawamu untuk terbang tinggi ke langit sana.. Lalu apa dunk? Make it true! Work hard under the sun! Think positive and believe your dreams! Try Try and try... Even if you failed, at least you’ve tried! Pada saatnya nanti kita semua akan terbang tinggi di awan dengan cara kita masing-masing... Tidak perlu menjadi sama dengan orang lain.. Tidak perlu mengabaikan perbedaan yang ada, toh memang kita tercipta berbeda.. Tidak perlu melakukan hal yang sama dengan orang lain.. Toh ujung-ujungnya kita akan mencapai tujuan yang sama. Lain lain yang tak kalah pentingnya adalah, lakukanlah dengan cara yang mulia.. Ketika tujuannya benar tapi caranya salah dan merugikan orang lain, maka pada akhirnya kita hanya akan jatuh bangun dan tidak akan pernah benar-benar terbang..

How a deep story right? So at last, I hope that we could look inside and realize who we are and then fly high in the sky... Together... Dengan cara itulah kita juga membanggakan orang-orang yang mengasihi kita dan terlebih lagi Pencipta kita yang telah memberikan talenta itu.. So, let’s do it and make Him proud! God be with you.. ^^, 

Comments

Popular Posts