When Things Are Seemed Insignificant, Will You Keep on Doing?

Sudah berapa tahun lamanya saya sudah enggak tulis blog? Berbulan-bulan yang lalu. Ini adalah tulisan saya yang kedua di tahun ini. Luar biasa, saudara-saudara, hahahaha.

Jadi, kemana saja kah saya selama ini? Menjalankan bisnis saya di BUSS, menjalani kerja freelance di dunia sosial media, menulis untuk blog GKDI, dan sesekali berjualan via online. Terkadang, untuk memenuhi tulisan untuk blog GKDI aja, saya udah stress. Bahkan saya pernah bilang, saya udah gak mau nulis lagi, karena tidak sanggup. Tidak cukup waktu untuk melakukan semuanya.

Lalu, angin dari belahan bumi manakah yang membuat saya akhirnya menulis lagi?



Minggu lalu seorang partner menulis berkata kepada saya, bahwa dia membaca tulisan-tulisan saya di blog ini. Dan dia screenshoot beberapa tulisan saya di sana. Dan dia bilang, tulisan saya menginspirasi. Dia bahkan menggali blog saya sampai di tahun 2016. Luar biasahhh. Dan dia bilang dia tertusuk sama apa yang saya tulis di sana.

Lalu saya tanya lagi, kok bisa sampai ke blog saya? Rasa-rasanya saya tidak pernah bilang kalau saya punya blog pribadi. Dia bilang dia lihat dari FB. Itu pun saya juga udah lupa lho. Entah udah berapa lama pula saya tidak aktif lagi di FB. Saya sampe mikir, emang ada ya alamat blog aku di FB? Ya sudah lah, mungkin ada. Tapi saya pun gak berniat ngecek lagi.

Nah, comment teman saya inilah yang membuat saya kembali semangat menulis. Cie, ada yang seneng tulisannya dipuji, cuit cuit... Hahahaha.

Blog saya tuh udah lama bangettt. Dan bahkan saya berpikir, di tengah zaman IG begini, emang masih ada apa yang suka baca blog? Jujur saya agak pesimis. Saya rasa saat ini orang-orang lebih suka dimanja secara visual melalui foto dan video. Mereka udah gak terlalu tertarik baca tulisan yang notabene "lebih berat". Bahkan saya pernah berpikir untuk berhenti menulis. Pikiran-pikiran seperti ini sempat berkeliaran dan meracuni otak saya, "Apa bedanya sih saya nulis sama gak nulis? Berapa banyak orang yang baca? Emang efeknya sejauh apa sih?"

Sebagai manusia, sangat wajar jika kita begitu ingin mendapat hasil dengan instan. Saya pun seperti itu. Saya ingin melihat hasil di depan mata saya. Saya ingin tahu seberapa jauh dampak dari apa yang saya lakukan. Kejadian ini mengingatkan saya kepada salah satu quotes favorite saya dari Mahatma Gandhi.
"You may never know what results come of your action, but if you do nothing there will be no result." - Mahatma Gandi

Terkadang, ketidaktahuan akan dampak dari hal-hal yang kita lakukan, bisa membuat kita ingin berhenti. Berhenti dari segala hal yang sudah kita mulai dengan amat sangat baik. Saya bisa berpikir, apa gunanya lagi sih nulis blog? Memang efekya sejauh apa?

Saat saya harus ngedit sebuah tulisan dengan detail sampe mata kriyep-kriyep, saya mulai berpikir, ini emang ada yang lihatin sampe begitu detailnya kah? Saat saya sharing banyak informasi yang bisa bantu hidup banyak orang di WA status atau IG story, saya mulai bertanya, apa efeknya? Apakah hasilnya cukup signifikan? Apakah hasilnya sebanding dengan usaha saya?

Quotes dari Mahatma Gandhi mengajarkan saya untuk tidak fokus kepada hasil. Lanjutkan hal baik yang sudah kita lakukan. Hasilnya, serahkan saja ke Tuhan. Bukannya memang kita hanya perlu lakukan bagian kita aja? Bukankah kita hanya perlu menanam dan menyiram, karena Tuhan yang memberi pertumbuhan? 


So, apa hal kecil yang selama ini sudah Anda lakukan dengan baik? Mungkin sudah rajin olahraga, tapi belum kurus-kurus? Lol :D Mungkin Anda sedang berdoa, tapi kok doaku rasanya tidak dijawab-jawab? Mungkin Anda sedang "menabur" di dalam pekerjaan Anda, tapi kok rasanya belum ada hasil? Mungkin Anda sedang membantu orang lain untuk kenal Tuhan, tapi kok rasanya susah banget? Kok dia enggak berubah-berubah dan gak mau dengerin yang kita katakan?

Pernahkah timbul perasaan bosan atau ingin berhenti sama seperti yang pernah saya lakukan? Listen, don't stop doing something good.

Anda bisa melakukan evaluasi juga mengapa hasilnya masih belum keliatan. Mungkin Anda juga bisa tanya kepada orang lain yang lebih berpengalaman, minta pendapat dan nasehat. Yang terpenting, jangan berhenti.

Because….

You may never know what results come of your action, but if you do nothing there will be no result.


Kamu mungkin tidak tahu, apa hasil dari apa yang selama ini sudah kami lakukan, tetapi ketika kamu tidak melakukan apa-apa, sudah pasti tidak ada hasilnya. 


Tetap semangatt semuanya! Keep doing the good things that you have started! Have a nice day. Love you all.

****

Anyway, berikut ini beberapa tulisan yang aku sudah pernah buat. Monggo di cek, siapa tahu nemu harta karun versi kamu di sana 😊:

Ini tulisan yang dibaca teman saya:
In life you don't get what you deserve, you get what you negotiate
Disiplin diri

Tulisan lainnya di blog GKDI:
Silent-Killer Characters
Kisah Nyata Pejuang Cinta
"Lebih Baik Saya Meninggalkan Tuhan?"
Memulai Hal Baru? Siapa Takut?
Bagaimana Menemukan Damai di Dunia yang Serbacepat?
Sudahkah Anda Membantu Diri Sendiri?

Masih banyak tulisan lainnya. Selain tulisan saya, banyak tulisan dari penulis lain yang bagus-bagus juga isinya! Very inspiring! Check it out here!

Bye, see you on my another writing, yang entah kapan ya, wkwkwkwkkwkwk >.<

Comments

Popular Posts