Berpikir Positif/ Postive Thinking

Banyak orang yang sering bilang: berpikir positif aja/ positive thinking aja. Sebenernya sikap seperti apa sih yang disebut positive thinking? Dan kapan kita harus seperti itu?

Menurut pendapat saya, positive thinking itu perlu dilakukan saat kita sudah melakukan apa yang harus kita lakukan dengan sebaik-baiknya.Saat kita sudah belajar sebaik-baiknya untuk ujian, kita harus positive thinking terhadap apapun hasilnya karena kita sudah berusaha semaksimal mungkin.

Jangan berpikir positif sebelum kita melakukan bagian kita. Itu sih namanya ngarep.com, bukan berpikir positif.

Nah, apa yang harus kita lakukan dan pola pikir seperti apa sih yang bisa dikategorikan sebagai positive thinking? Kita harus berpikir kayak gimana sih?



1. Berdoa
Menurut saya, berdoa adalah hal yang hanya dilakukan oleh orang yang punya positive thinking dan masih berharap sama Tuhan. Kalo orang udah enggak lagi berharap sama Tuhan, buat apa mereka berdoa dan panjang lebar meminta sesuatu pada Tuhan?

Ketika masalah datang dan banyak hal terjadi di luar dugaan kita, jangan kita lupa atau malah sakit hati saat Tuhan. Mungkin inilah saatnya kita bs kembali berpikir positif dan berharap lagi kepada Tuhan. So, apapun yang kamu hadapi, keep on praying. Percaya bahwa dia sanggup memberi kekuatan dan jalan keluar buat kita.



2. You are not alone.

Masalah ga habis-habi, selesai satu, datang lagi bejibun, apa yang kita usahakan hasilnya tidak sesuai harapan, kita kecewa atas perlakuan orang lain, kecewa terhadap perusahaan, diperlakukan tidak adil, punya orang tua yang kerjanya berantem melulu, pekerjaan yang tidak ideal. Apakah kamu pernah mengalami ini semua? Hey hey, listen, you are not alone. Orang lain pun juga ada yang mengalami seperti kamu. Ada yg lebih ringan tapi enggak sedikit juga yang jauh lebih berat lagi,.

Kabar baiknya mereka masih bisa tersenyum sampai hari ini. If you feel you are the only one yang punya masalah terberat di bumi, you are perfectly wrong. Kamu ga sendirian. Jangan mengasihani diri sendiri terlalu berlebihan. Apa yang kamu alami juga dialami oleh orang lain. Why? Because this is life. Kebahagiaan dan masalah datang dalam 1 paket yang tidak terpisahkan. Fight it with a smile on your face. Remember you are not alone.



2. If He can bring you into trouble, it means you are strong enough to face it.

Kalo Tuhan membiarkan kamu di dalam suatu masalah, itu artinya kamu cukup kuat dan bisa untuk mengatasinya. Tuhan tidak menciptakan masalah tanpa solusi. Tuhan kasih masalah sepaket dengan solusinya.

Bukankah kita orang-orang yg percaya pada Tuhan? Tuhan tidak akan mencobai kita melebihi batas yang sanggup kita tanggung. Jadi, percayalah pada Tuhan dan yakinlah kalau kamu bisa. Ketika kamu berikan yang terbaik dalam setiap hal yang kamu lakukan, Tuhan bisa memberkati kamu lebih dari yang kamu bisa bayangkan.



3. You are put into troube for a reason.

Kamu merasa masalah itu tidak ada gunanya? Ya memang masalah itu enggak enak tetapi bukan berarti enggak ada gunanya.

Kita diberikan masalah tertentu bukan tanpa alasan. Mungkin dengan masalah, kedua pasangan yang berantem bisa semakin mengenal satu sama lain dengan lebih baik. Mungkin Tuhan mau bikin kita menjadi orang yang lebih kuat dan mandiri lagi. Jadi, jalani dan nikmati setiap tantangan yg ada meskipun sekarang km belum tau apa maksudnya Tuhan kasih masalah itu ke kamu. Tetapi kalo kamu tetap berpikir positif, one day you will know the reason why.




4. This is life. Keep on trying and thankful.

Kalo kamu pernah bertanya kenapa kamu harus alami masa-masa sulit ini, bahkan ketika kamu berusaha semaksimal mungkin hasilnya pun belum kelihatan, well this is life.

Hidup itu sudah 1 paket, ada masalah dan ada juga sukacitanya. Kamu tidak bisa pilih mau yang satu tapi enggak mau yang lain. 

Kalo segala sesuatu tidak sesuai dgn harapan kita, kita bs mencoba sekali lagi dan sekali lagi. Atau kita bisa stop lakukan hal itu dan pilih jalan lain yang lebih baik. There is always a choice. Yang penting, never ever give up. Selama kamu belum melihat hasilnya, tetaplah berusaha. Dan di tengah perjalanan tersebut, tetaplah bersyukur apapun yang terjadi. Bersyukur mungkin tidak akan membuat beban hidupmu lebih ringan, tetapi bisa membuat kamu lebih menikmati apapun yang hidup lemparkan ke kamu.



5. God is in control.

Kamu sudah berdoa, berusaha yang terbaik, bersyukur, lalu apa lagi yang masih kurang? Sebagai orang yg percaya kepada Tuhan, satu hal yang bs membuat kamu berpikir positif adalah mengetahui bahwa segala sesuatu di atas bumi ini berada dalam kontrol Tuhan.

Bumi berputar mengelilingi matahari, bumi berputar pada porosnya, musim berganti secara beraturan, lautan terpisah dari daratan, rumput-rumpun tumbuh tanpa ada yg menaman, daun berguguran, manusia lahir dan mati, apakah semua itu berjalan sendiri tanpa kontrol Tuhan? Tidak mungkin. Tanpa campur tangan Tuhan, tidak mungkin bumi ini masih ada, mungkin uda ditabrak komet nyasar atau sudah tukar posisi sama planet lain. Kita pun belum tentu masih bisa hidup sampai hari ini, 

Kita percaya bahwa segala sesuatu terjadi di bawah kontol Tuhan. Kesusahan dan masalah terjadi karena Tuhan mengizinkannya. Tanpa seizin Tuhan tidak sesuatu pun terjadi. Tetaplah berpikir positif, segala sesuatu sudah Tuhan atur. Kita harus sadar bahwa usaha kita tidak akan sia-sia dan akan berbuah manis pada waktunya.

Hope my little sharing will be useful. Have a nice day,  

Comments

Popular Posts